Apa yang perlu Anda ketahui tentang Ramadhan 2019

Ramadhan, bulan paling penting tahun ini dalam kalender Muslim, dimulai hari Minggu. Selama 30 hari ke depan, Muslim di seluruh dunia akan pantang makan atau minum selama siang hari .

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mengapa umat Islam merayakan, bagaimana mengucapkan selamat bulan Ramadhan kepada seseorang dan apa yang terjadi di akhir bulan.

Apa itu Ramadhan?

Bagi umat Islam, perayaan selama sebulan ini memperingati Allah, nama Arab untuk Tuhan, memberikan ayat-ayat pertama Al-Quran, kitab suci Muslim, kepada Nabi Muhammad pada tahun 610 Masehi.

Selama 30 hari, Muslim di seluruh dunia tidak makan dari subuh hingga senja, berdoa dengan sungguh-sungguh dan berkumpul untuk pesta malam hari untuk berbuka puasa.

Mengamati Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, lima tugas yang wajib bagi setiap Muslim.

Kapan Ramadan di 2019?

Tanggal Ramadhan bervariasi setiap tahun dan ditentukan oleh siklus bulan. Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam bulan, dan secara  resmi dimulai pagi hari setelah bulan sabit terlihat oleh mata telanjang .

Tetapi karena visibilitas bulan di berbagai belahan dunia bervariasi berdasarkan cuaca dan geografi, di banyak daerah, Ramadhan tidak secara resmi dimulai sampai para pemimpin agama menyatakan bahwa mereka telah melihat bulan sabit.

Pada 2019, Ramadhan akan dimulai saat matahari terbenam pada hari Minggu, 5 Mei dan berlangsung hingga matahari terbenam pada hari Selasa, 4 Juni. Pada tahun 2020, itu akan dimulai pada 23 April, dan pada 2021, 12 April.

Apakah Anda mengatakan ‘Selamat Ramadhan?’

Ya, seorang non-Muslim mungkin berharap seseorang “Ramadhan Selamat.” Tapi Muslim biasanya tidak mengatakan itu satu sama lain. Salam Arab adalah “Ramadhan Mubarak,”  yang berarti “Selamat Ramadhan, ” atau “Semoga Ramadhan diberkati.” Lainnya adalah “Ramadhan Kareem,” yang berarti “Semoga Ramadhan murah hati.”

Mengapa orang Muslim berpuasa?

Ramadhan adalah bulan pengabdian spiritual dan pertumbuhan pribadi. Ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan Muslim dengan Tuhan.

Muslim di seluruh dunia menyerah kesenangan duniawi, fokus pada doa dan membaca Quran . Banyak juga yang menyumbang untuk amal dan upaya bantuan kelaparan.

Baca juga: pesantren gontor

Kapan Muslim berpuasa?

Umat ​​Muslim berpuasa dari matahari terbit, dikenal sebagai sahur, hingga matahari terbenam, yang dikenal sebagai buka puasa.

Pengamat makan makanan sebelum fajar sebelum matahari terbit (makanan umum termasuk kurma padat energi, kacang fava tumbuk atau kentang ) dan lainnya setelah matahari terbenam (biasanya pesta bersama keluarga dan teman).

Apa yang bisa dimakan atau diminum oleh orang Muslim?

Tidak ada selama siang hari. Menurut Asosiasi Islam Raleigh , meminum satu tegukan air akan membatalkan puasa hari itu, yang kemudian harus dilakukan di kemudian hari. Namun, makan atau minum karena kelupaan atau paksaan adalah pengecualian, dan puasa seseorang tetap berlaku.

Umat ​​Muslim dapat mandi, menggunakan obat tetes mata, mengambil suntikan atau menyikat gigi selama jam – jam siang selama tidak ada yang tertelan.

Bagaimana umat Islam berbuka puasa?

Umat ​​Muslim biasanya minum air dan makan kurma sebelum melakukan sholat matahari terbenam. Mereka kemudian berbagi pesta “buka puasa” dengan teman dan keluarga . Banyak masjid menyelenggarakan acara buka puasa gratis untuk umum selama bulan Ramadhan.

Apakah setiap Muslim harus berpuasa?

Ya, dengan beberapa pengecualian. Anak-anak di bawah 13 yang belum mencapai pubertas, wanita yang sedang menstruasi, orang sakit, orang lanjut usia, wanita hamil, ibu menyusui dan pelancong dibebaskan.

Bisakah Anda merokok atau vape selama bulan Ramadhan?

Ramadhan tidak hanya tentang puasa dari makanan dan minuman, tetapi juga berpantang dari jenis kesenangan lain, termasuk seks, bersumpah dan berdebat . Banyak Muslim berhenti merokok dan minum alkohol sebagai sarana pemurnian spiritual selama sebulan.

Bisakah kamu mencium selama bulan Ramadhan?

Iya nih. Menurut Asosiasi Islam Raleigh , adalah hal yang dapat diterima bagi pasangan untuk mencium selama bulan Ramadhan “selama seseorang dapat mengendalikan diri.”

Bagaimana dengan berolahraga selama bulan Ramadhan?

Banyak Muslim yang memilih untuk berolahraga selama bulan Ramadhan melakukannya tepat sebelum matahari terbenam , tepat sebelum berbuka puasa. Latihan siang hari jarang terjadi karena tidak bisa makan atau minum selama siang hari.

Atlet profesional yang melakukan perjalanan tidak diharuskan berpuasa, tetapi beberapa, seperti pemain sepak bola profesional Mohamed El-Munir dari Los Angeles Football Club , Major League Soccer , memilih untuk melakukannya.

Apa yang terjadi di akhir Ramadan?

Bulan diakhiri dengan perayaan tiga hari yang dikenal sebagai Idul Fitri, atau Festival Pembukaan Puasa. Hadiah dipertukarkan, dan anak-anak sering menerima uang tunai dan pakaian baru. Seorang penulis Muslim menyamakannya dengan “versi Muslim tentang Natal.”

Baca juga: